Selamat Datang Sahabat Cemerlang

Thursday 31 August 2017

Hijabmu Mahkotamu

Banyak orang beranggapan percuma berhijab kalau masih melakukan maksiat, percuma berhijab kalau akhlaqnya masih buruk. Padahal berjilbab merupakan hal baik yang bisa muslimah lakukan agar terhindar dari hal-hal buruk. Kalaupun akhlak belum baik seutuhnya namun setidaknya sudah menghindari satu dosa dari dosa yang lain.
Bukannya tidak berhijab tidak baik, keduanya memang baik dan Allah tidak melihat hambanya dari yang berhijab ataupun tidak, memang yang terpenting hatinya, namun alangkah lebih baik bisa menjadi perempuan yang berhijab agar bisa terus menjadi pribadi yang semakin hari semakin lebih baik begitu pula hatinya.
Hijab atau jilbab yang menutupi tubuh muslimah merupakan salah satu syariat Allah Ta'ala yang Maha Bijaksana, karena hijab bisa menjaga kehormatan dan kesucian wanita, di samping bisa mengantisipasi terjadinya fitnah dan perbuatan keji.
Hijab atau jilbab adalah kewajiban dari Allah Ta'ala,  sungguh Allah Ta'ala telah memerintahkan NabiNya shallallaahu alaihi wasallam agar memerintahkan para wanita muslimah seluruhnya untuk mengenakan jilbab.
Allah Ta’ala berfirman:

{يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لأزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا (59)

Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang-orang mukmin, "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. QS. Al-Ahzab: 59.
Di dalam ayat di atas jilbab akan menjaga muslimah dari gangguan orang yang jahat. "Seseorang yang berjilbab menunjukkan dia seorang yang baik dan terjaga kehormatannya", sehingga orang-orang fasik dan jahat tidak menginginkannya dan tidak muncul syahwatnya,  Kalaupun orang fasik itu menggoda atau mengajak wanita yg baik-baik berbuat keji, tentu akan ditolaknya.

 
Berbeda dengan wanita yang tidak berhijab, yang membuka aurat, orang fasik akan cenderung dan bersyahwat dengannya, *karena wanita yang membuka aurat, seakan-akan berkata, "Ini tubuhku, silakan dinikmati",* sehingga hal itu memicu lelaki fasik untuk bisa memuaskan syahwatnya kepada wanita yang tidak berjilbab itu, baik dengan pandangan, sentuhan bahkan sampai dengan berzina dengannya.
Jilbab juga membuat wanita yang mengenakan menjadi lebih suci hati dan jiwanya, karena performance luar wanita itu mencerminkan apa yang di dalam hatinya. *Seorang muslimah yang berhijab syar'i menunjukkan jati dirinya wanita yang baik, karena dhohirnya dia mau menjalankan perintah Allah Ta'ala. Sebaliknya wanita yang tidak berjilbab, menunjukkan dia wanita yang tidak baik, karena dhohirnya dia tidak mau menjalankan perintah Allah Ta'ala.* 
Allah Ta’ala berfirman:

{وَإِذَا سَأَلْتُمُوهُنَّ مَتَاعًا فَاسْأَلُوهُنَّ مِنْ وَرَاءِ حِجَابٍ}

Apabila kamu meminta sesuatu (keperluan) kepada mereka (istri-istri Nabi), maka mintalah dari belakang tabir. (Al-Ahzab: 53)

ذَلِكُمْ أَطْهَرُ لِقُلُوبِكُمْ وَقُلُوبِهِنَّ

Cara yang demikian itu lebih suci bagi hati kalian dan hati mereka. (Al-Ahzab: 53).
Yakni apa yang telah Kuperintahkan kepada kalian dan apa yang telah Kusyariatkan kepada kalian tentang berhijab adalah lebih suci dan lebih baik bagi kalian. (Tafsir Ibnu Katsir).

Ayat di atas ditujukan kepada istri-istri Nabi shallallahu alaihi wasallam, namun hal itu juga ditujukan kepada kaum muslimah pada umumnya, *karena tujuan hijab wanita adalah untuk menjadikan hati lebih suci, siapa wanita muslimah yang tidak ingin suci hatinya?*
Apalagi istri-istri Nabi shallallahu alaihi wasallam adalah sebagai contoh dan teladan bagi para wanita muslimah.
Oleh karena itu, wahai muslimah, pakailah jilbab, dan jangan anda tampakKAN auratmu kecuali kepada orang yang halal bagimu, yaitu suamimu dan bagian tertentu bagi mahrammu. Wallaahu a’lam.

Sumber:http://oktaviananendini.blogspot.co.id
Editor: http://rumahbelajarcemerlang.blogspot.co.id/

0 komentar:

Post a Comment