Selamat Datang Sahabat Cemerlang

Monday 23 January 2017

Inilah Terapi Terbaik Menyembuhkan Gangguan Pernapasan Dengan Cepat

Manusia memilki sistem pernapasan yang mana digunakan untuk pertukaran gas. Oksigen merupakan bagian penting dalam kehiduan manusia karena dengan oksigen manusia dapat menghela udara untuk bernafas secara bebas tanpa biaya sedikitpun


Berikut ini saluran pernapasan manusia:

Urutan saluran pernapasan adalah sebagai berikut: rongga hidung > faring > trakea > bronkus > paru-paru (bronkiolus dan alveolus).

Proses pernapasan pada manusia dimulai dari hidung. Udara yang dihirup pada waktu menarik nafas (inspirasi) biasanya masuk melalui lubang hidung (nares) kiri dan kanan selain melalui mulut. Pada saat masuk, udara disaring oleh bulu halus hidung yang terdapat di bagian dalam lubang hidung.

Pada waktu menarik napas, otot diafragma berkontraksi. Semula kedudukan diafragma melengkung keatas sekarang menjadi lurus sehingga rongga dada menjadi mengembang. Hal ini disebut pernapasan perut. Bersamaan dengan kontraksi otot diafragma, otot-otot tulang rusuk juga berkontraksi sehingga rongga dada mengembang. Hal ini disebut pernapasan dada.

Akibat mengembangnya rongga dada, maka tekanan dalam rongga dada menjadi berkurang, sehingga udara dari luar masuk melalui hidung selanjutnya melalui saluran pernapasan akhirnya udara masuk ke dalam paru-paru, sehingga paru-paru mengembang.

Setelah melewati rongga hidung, udara masuk ke kerongkongan bagian atas (naro-pharinx) lalu kebawah untuk selanjutnya masuk tenggorokan (larynx).

Setelah melalui tenggorokan, udara masuk ke batang tenggorok atau trachea, dari sana diteruskan ke saluran yang bernama bronchus atau bronkus. Saluran bronkus ini terdiri dari beberapa tingkat percabangan dan akhirnya berhubungan di alveolus di paru-paru.

Udara yang diserap melalui alveoli akan masuk ke dalam kapiler yang selanjutnya dialirkan ke vena pulmonalis atau pembuluh balik paru-paru. Gas oksigen diambil oleh darah. Dari sana darah akan dialirkan ke serambi kiri jantung dan seterusnya.

Selanjutnya udara yang mengandung gas karbon dioksida akan dikeluarkan melalui hidung kembali. Pengeluaran napas disebabkan karena melemasnya otot diafragma dan otot-otot rusuk dan juga dibantu dengan berkontraksinya otot perut. Diafragma menjadi melengkung ke atas, tulang-tulang rusuk turun ke bawah dan bergerak ke arah dalam, akibatnya rongga dada mengecil sehingga tekanan dalam rongga dada naik. Dengan naiknya tekanan dalam rongga dada, maka udara dari dalam paru-paru keluar melewati saluran pernapasan.

Ringkasan jalannya Udara Pernapasan:
  1. Udara masuk melalui lubang hidung
  2. melewati nasofaring
  3. melewati oral farink
  4. melewati glotis
  5. masuk ke trakea
  6. masuk ke percabangan trakea yang disebut bronchus
  7. masuk ke percabangan bronchus yang disebut bronchiolus
  8. udara berakhir pada ujung bronchus berupa gelembung yang disebut alveolus (jamak: alveoli)
Gangguan Pernapasan Manusia
Mengetahui saluran pernapasan manusia sangat penting untuk menjaga kesehatan pernapasan, karena akhir-akhir ini bukan tidak mungkin asap kendaraan menjadi polusi yang bisa menyebabkan gangguan pernapasan pada manusia.

Berikut adalah beberapa masalah pernapasan yang sering menggangu kesehatan seseorang, yaitu:

1.Influenza
Influenza disebabkan oleh virus influenza.Gejala yang ditimbulkan antara lain pilek, hidung tersumbat, bersin-bersin, dan tenggorokan terasa gatal.Influenza merupakan suatu penyakit gangguan pernapasan infeksi akut saluran pernafasan terutama ditandai oleh demam, gigil, sakit otot, sakit kepala dan sering disertai pilek, sakit tenggorok dan batuk yang tidak berdahak. Lama sakit berlangsung antara 2-7 hari dan biasanya sembuh sendiri.

2. Asma
Asma atau sesak nafas adalah salah satu gangguan pernafasan yang bisa diwariskan dengan kata lain, seseorang bisa mengidap penyakit asma karena keturunan dari keluarga yang mengidap penyakit asma.

Sesak nafas atau asma terjadi karena adanya penyempitan atau penyumbatan saluran pernafasan, atau bisa juga disebabkan akibat dari alergi yang diderita, seperti menghisap debu, alergi bulu hewan peliharaan atau bahkan alergi terhadap suatu makanan.

3. Bronkitis
Penyakit Bronkitis adalah suatu kondisi medis dimana terjadinya peradangan pada cabang tenggorokan akibat adanya infeksi. Penderita bronkitis ini mengalami demam dan banyak menghasilkan lendir yang menyumbat dibatang tenggorokan, terkadang lendir juga bisa sampai kental, kehijauan/kecokelatan/putih atau bahkan encer dan bening.

4. Pneumonia
Infeksi pada saluran pernafasan yang disebabkan oleh virus atau bakteri yang berkembang di alveolus yang menyebabkan terjadinya peradangan pada organ paru-paru.

5. TBC atau Penyakit Tuberkulosis
Gangguan pernafasan lainnya adalah TBC. Penyakit ini menyerang organ paru-paru yang disebabkan oleh serangan bakteri Mycobacterium Tuberculosis.

Difusi oksigen akan terganggu karena adanya bintil-bintil atau peradangan pada dinding alveolus. Jika bagian paru-paru yang diserang meluas, maka sel-sel akan mati dan paru-paru akan mengecil, akibatnya nafas penderita menjadi terengah-engah dan sering batuk.

Namun jangan khawatir dengan masalah itu semua karena banyak cara dan solusi yang bisa Anda dapatkan untuk mengatasi masalah pada pernapasan yaitu menggunakan Omron Nebulizer.

Omron nebulizer adalah salah satu brand inhalasi yang paling terkenal di indonesia. Omron Nebulizer merupakan terapigangguan pernapasan terbaik yang sangat efektif dan cepat dalam mengatasi masalah pernapasan seperti flu, asma dan sebagainya.

Ini merupakan salah satu terobosan terbaru masa kini yang sangat efektif untuk menuntaskan berbagai macam penyakit yang menyerang pernapasan manusia termasuk gangguan pernafasan yang mana hanya dengan menggunakan terapi pernapasan terbaik.

Banyak sekalai terapi pernapasan akan tetapi memang yang paling efektif dan di percaya masyarakat adalah omron nebulizer karena memang sangat efektif mengatasi dengan cepat gangguan pernapasan dan dipercaya sebagai terapi pernapasan nomor satu di Inodnesia.

Tunggu apalagi? Hidup sehat dengan Omron Nebulizer. Konsumen yang cerdas memilih pengobatan yang tepat. Omron Nebulizer  elalu menjadi pilihan. Semoga bermanfaat



0 komentar:

Post a Comment