Selamat Datang Sahabat Cemerlang

Thursday 19 January 2017

Bingung Setelah Lulus Sekolah Mau Ngapain? Ini Jawabannya

Kemana ya setelah lulus SMA?
Ngapain ya setelah lulus SMA?
Kuliah?
Kerja?
Nikah?
Mungkin itu adalah yang terbesit dihati kala menjelang kelulusan sekolah (SMA). Nah, Sahabat Cemerlang perlu diketahui ya... Bingung menentukan langkah ke depan setelah lulus SMA adalah suatu hal yang sangat wajar. Situasi inilah yang akan memaksa kamu membuat pilihan dengan sikap yang dewasa. Karena apa? kelulusan itu bukanlah suatu akhir dari segalanya, tetapi sebuah awal untuk menggapai masa depan.

Semua pilihanmu saat ini akan menentukan masa depan kamu kelak. Nah, kali ini kita akan berusaha membantu kamu dengan memberikan beberapa pilihan yang bisa kamu lakukan setelah lulus nanti. Mau tahu apa aja? Yuk Langsung simak berikut ini

1. Kuliah
Kuliah adalah solusi bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan, ya kasarnya sih masih pengen sekolah lagi, silahkan untuk lanjut kuliah. Ketika kuliah, kamu harus benar-benar memperhatikan kemampuan, minat, dan bakat dalam memilih jurusan apa yang paling tepat. Karena, ketika kuliah, kamu akan berhadapan dengan materi yang lebih mendalam dibandingkan ketika sekolah. Namun meski begitu, kamu akan mendapatkan keahlian atau pengalaman baru untuk bekal kerja atau aktivitas lain kelak di masa mendatang.

2. Kursus
Kalo kamu memang tidak suka tugas dan sekolah lama-lama tapi masih pengen dapat keterampilan atau keahlian tertentu, kursus adalah jawabannya. Di luaran sana banyak kursus yang membuka kelas umum. Misalnya nih kamu pengen jadi chef. Ya sudah berangkat kursus masak. Setelah itu, apabila kamu masih kurang puas dengan pendidikan yang kamu dapat, kamu masih bisa lanjut kursus ke tempat lain yang lebih bagus. Yang penting kan dapat keahlian khusus biar bisa bertahan di tempat kerja kelak.

3. Kerja
Buat yang mau langsung kerja, silahkan. Mungkin ini pilihan untuk kamu yang sudah punya keahlian khusus. Kalo kamu lulusan SMA, ada baiknya kalo kamu kursus dulu, baru ikutan kerja. Kalo kamu lulusan SMK, kamu bisa langsung kerja. Kan kamu sudah punya keahlian yang kamu dapat dari sekolah. Keahlian dalam bekerja adalah hal yang sangat penting untuk bisa bersaing di tempat kerja kelak.

4. Buat Usaha

Buat kamu yang pinter dagang dan buat-buat barang, tidak ada salahnya buat berinovasi membuat dan mendirikan usaha sendiri. Mulai dari yang kecil juga tidak masalah. Yang penting ada kemauan dari dalam diri kamu. Selain itu, sesuaikan usaha kamu dengan hobi dan minat yang kamu miliki. Urusan modal, masih bisa pinjam sana-sini. Mudah kan?

5. Nyantren

Buat kamu yang punya jiwa religius dan ingin memperdalam ilmu keagamaan pergi "nyantren" (ngaji ke Pondok pesantren) bisa menjadi pilihan yang tepat. Disini nantinya kamu akan ditempa ilmu-ilmu agama yang lebih mendalam sehingga jiwa religiusitas kamu akan lebih terasah menjadi lebih baik lagi.

6. Nikah
Buat wanita yang sudah jenuh dengan segala aktivitas sekolah dan yang lainnya, menerima pinangan dari seorang laki-laki untuk menikah bisa menjadi pilihan yang tepat. Disini kamu akan menemukan kehidupan baru bersama keluarga kecil yang baru.

Buat para lelaki sebaiknya jangan dulu ya, karena laki-laki mempunyai tanggung jawab yang besar untuk menafkahi keluarga kelak, jadi buat para lelaki opsi no. 1 - 5 adalah yang paling tepat.

Nah, itu tadi beberapa pilihan menarik yang bisa kamu lakukan setelah lulus nanti. Tenang saja, mulailah dari sekarang menentukan pilihan baik-baik. Yang paling penting lagi nih, mintalah restu dari orang tua tentang apapun yang kamu pilih. Sebab, berkat mereka berdualah kamu bisa sekolah hingga lulus sampai saat ini. Semangat!!!

Semoga bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment